Ada tujuh chakra dalam tubuh manusia. Didalam Zen ketujuh
chakra tersebut disebut tujuh singa.
There are seven chakras in the human body. In Zen they are called the seven lions.
Chakra pertama adalah pusat seks; chakra kedua, yang
berada tepat di bawah pusar, disebut dalam bahasa Jepang, hara.
Pusat seks memiliki semua energi kehidupan yang terkumpul
di dalamnya. Bagi manusia biasa, semua energi dikumpulkan di pusat terendah.
Pusat ketiga adalah pusar, dan pusat keempat adalah hati.
Pusat kelima adalah tenggorokan, dan pusat keenam adalah mata ketiga, tepat di
antara kedua alismu. Pusat ketujuh berada persis di atas kepalamu.
Begitu engkau mengerti bahwa pusat-pusat ini penting,
pusat seks adalah titik terendah dalam hidupmu, dan yang ketujuh … Jika energi
bergerak dari yang pertama ke yang kedua, dari yang kedua sampai yang ketiga,
dari yang ketiga sampai yang keempat – setiap pusat memiliki ekpresinya
sendiri, dan hidupmu terus berubah.
Misalnya, jika energi bergerak dari pusat seks ke pusat
kedua, hara, engkau tiba-tiba menjadi sadar akan kematian. Orang tidak sadar,
mereka pikir itu selalu terjadi pada orang lain; tentu saja, engkau selalu
melihat orang lain sekarat, engkau belum pernah melihat dirimu sendiri sekarat.
Mungkin engkau adalah pengecualian. Itu terjadi pada orang lain, selalu –
meskipun para penyair berkata, “Jangan pernah menanyakan untuk siapa bel itu
berbunyi, itu berbunyi untukmu.”
Di desa-desa Kristen, lonceng gereja memberitahukan
kepada semua petani di kebun buah-buahan, di ladang, untuk datang ke desa,
seseorang telah meninggal. Ini mengacu pada syair itu. “Jangan pernah
menanyakan untuk siapa bel berbunyi, itu selalu berbunyi untukmu.”
Ketika energimu berada di pusat hara – pusat hara adalah
pusat kematian – engkau tiba-tiba menyadari bahwa sama seperti jutaan orang
telah sekarat sejak berabad-abad, “Aku tidak dapat menjadi pengecualian, aku
akan mati, jika tidak hari ini, maka besok atau lusa, tapi suatu hari nanti,
apa yang lahir selalu mati, aku lahir, aku akan mati. ”
Kelahiran adalah awal dari kematian. Kelahiran mengandung
kematian itu sendiri. Kelahiran adalah benih, dan kematian adalah bunga.
Dibutuhkan tujuh puluh tahun dari tempat dilahirkan sampai ke kuburan; Itu
adalah pohon berusia tujuh puluh tahun. Tapi kematianmu tumbuh berdampingan
dengan hidupmu.
Ketika engkau berada di pusat seks, seluruh perhatianmu
berada pada seks dengan lawan jenis – jika manusia lain tidak tersedia, maka
hewan lain – hewan betina, pada awalnya.Jika hewan betina tidak tersedia, maka
hewan jantan.
Heteroseksualitas adalah antara pria dan wanita, sebuah
fenomena alam. Homoseksualitas antara pria dan pria, lesbianisme antara wanita
dan wanita – sesuatu yang tidak wajar, penyimpangan. Dan bestialitas adalah
antara pria dan hewan, atau wanita dan hewan. Mengherankan bagaimana manusia
bisa menyimpang.
Tapi jika engkau bukan seseorang yang menyimpang, ketika
energimu bergerak ke pusat kedua, hara, engkau menjadi benar-benar tidak
tertarik pada seks. Ini bukan selibat, engkau tidak mengambil sumpah, energimu
hanya bergerak lebih tinggi. Perhatiannya menjadi kematian. Dalam seks
perhatiannya adalah kelahiran, karena melalui seks semuanya adalah reproduksi.
Bergerak dari seks engkau telah berpindah dari kelahiran
menuju kematian, sebuah jarak yang agak kecil. Tiba-tiba engkau menjadi sadar
bahwa “Kematian akan datang dan aku hanya peduli dengan hal-hal sepele – uang,
kekuasaan, gengsi/nama baik, kehormatan. Semua hal ini akan hilang saat
kematian datang, aku tidak perlu melakukan upaya untuk menciptakan tanda tangan
di atas pasir. Angin sepoi-sepoi, gelombang pasang kecil, dan tanda tangan itu
akan terhapus. ”
Kematian datang sebagai gelombang pasang, dan semua
kepribadianmu, semua kehormatan, nama baikmu, terhapus. Orang menjadi sadar
bahwa, “Aku harus menemukan sesuatu yang melampaui kematian.”
Begitu energi bergerak ke hara, perhatian untuk mencari
sesuatu yang abadi dalam dirimu menjadi sangat dominan, dan ketika energi
bergerak ke pusat ketiga, perhatianmu tidak lagi intelektual. Engkau tidak
hanya berfilsafat, engkau tidak membaca buku-buku yang mengatakan, “Hidup itu
kekal”; engkau tidak percaya. Di pusat ketiga – pusar – ketertarikanmu menjadi
pengalaman.
Bukanlah suatu kebetulan bahwa orang berbicara tentang
para meditator sebagai “penatap pusar.” Itu sesuatu yang berarti. Engkau
menatap pusar, bukan dari luar; itu tidak akan membantu. Engkau harus menutup
mata dan bergerak ke pusar. Itulah yang aku sebut sebagai pusat keberadaanmu.
itu tepat berada di belakang pusar. Itulah mengapa pusar menggabungkan engkau
dengan ibumu, karena keberadaanmu berada tepat di belakang pusar. Jika engkau
tidak dipelihara oleh ibumu, melalui pusar, engkau tidak akan bertahan sembilan
bulan di rahim.
Begitu energimu naik ke pusar – dan itu terus menerus
terjadi, dalam semua meditasi, energimu naik – perhatianmu menjadi meditasi.
Engkau ingin mengetahuinya sendiri, tidak melalui kitab suci, apakah
kebenarannya, apakah ada kehidupan yang melampaui kematian atau tidak.
Saat engkau bergerak ke atas ke pusat keempat, itulah
hati, seluruh hidupmu menjadi sebuah pembagian cinta. Pusat ketiga telah
menciptakan kelimpahan cinta. Dengan mencapai pusat meditasi yang ketiga,
engkau telah menjadi begitu penuh dengan cinta, dengan welas asih, dan engkau
ingin berbagi. Itu terjadi di pusat keempat – hati.
Itulah sebabnya bahkan di dunia yang biasa pun orang
berpikir cinta keluar dari hati. Bagi mereka itu hanya desas-desus, mereka
sudah pernah mendengarnya. Mereka tidak mengetahuinya karena mereka belum
pernah sampai ke hati mereka. Tapi para meditator akhirnya sampai ke hati.
Saat ia sampai ke pusat keberadaannya – pusat ketiga –
tiba-tiba sebuah ledakan cinta dan kasih sayang, sukacita dan kebahagiaan
sejati dan ucapan syukur telah muncul di dalam dirinya dengan kekuatan
sedemikian rupa sehingga menyentuh hatinya dan membuka hatinya. Hati berada
tepat di tengah tujuh pusatmu – tiga pusat di bawah, tiga pusat di atas. Engkau
telah datang persis ke tengah.
Itulah mengapa manusia batiniah sangat seimbang,
benar-benar seimbang. Dia memiliki anugerah yang luar biasa, keindahan yang
nampaknya bukan dari dunia ini. Matanya sedang menebari cinta, tangannya sedang
menebari cinta, bahkan jika dia tidak melakukan apa pun. Bahkan kehadirannya
pun memancarkan cinta. itu adalah getaran, multidimensional. Di sekelilingnya,
energi cinta terus mengalir. Mereka yang menerima, hati mereka akan mulai
membunyikan lonceng. Untuk pertama kalinya mereka akan mendengar musik baru,
harmoni baru, sinkronisitas baru.
Pusat kelima adalah tenggorokan. Tenggorokan adalah pusat
ekspresi. Ketika engkau terlalu penuh dengan pengalaman, engkau berbagi cinta
di pusat keempat, dan engkau berbagi pengalamanmu melalui bahasa, melalui sarana,
dari pusat kelima.
Pusat keenam ada di antara kedua alis, di dalamnya. Di
India kami menyebutnya sebagai mata ketiga. Ini memberimu kejelasan yang luar
biasa, sebuah visi tentang keseluruhan semesta seperti apa adanya. Dan saat
engkau membuka mata … itu bahkan mempengaruhi dunia sehari-harimu. Pohon lebih
hijau, mawar lebih cerah, segala sesuatu di sekitarmu yang tidak pernah engkau
sadari menjadi lebih anggun. Segala sesuatu di sekitarmu menjadi lebih indah.
Bahkan bunga-bunga liar pun terlihat begitu indah; mereka memiliki
individualitas sendiri, mereka tidak bisa dibandingkan dengan mawar, mereka
tidak bisa dibandingkan dengan teratai. Tidak ada perbandingan sama sekali.
Begitu engkau mencapai pusat keenam – mata ketiga – semua
yang ada dalam hidupmu menjadi sangat jernih. Tidak ada pertanyaan, tidak ada
jawaban – engkau mengetahui itu. Tidak ada kepercayaan, tidak ada
ketidakpercayaan – engkau mengetahui itu.
Dan pusat ketujuh adalah saat engkau menjadi tercerahkan:
pusat samadhi, pusat kebangkitan tertinggi, pusat tempat engkau menjadi seorang
buddha.
OSHO-
Christianity: The Deadliest Poison and Zen: The Antidote to All Poisons
Bab #8
Bab #8
There are seven chakras in the human body. In Zen they are called the seven lions.
The first chakra is the sex center; the second chakra,
which is just below the navel, is called in Japanese, hara.
The sex center has all the life energy gathered in it.
For ordinary human beings, all the energy is gathered at the lowest center.
The third center is the navel, and the fourth center is
the heart. The fifth center is the throat, and the sixth center is the third
eye, just between your two eyebrows. The seventh center is just on top of your
head.
Once you understand that these centers are significant,
that the sex center is the lowest point in your life, and the seventh … If the
energy moves from the first to the second, from the second to the third, from
the third to the fourth — every center has its own expression, and your life
goes on changing.
For example, if the energy moves from the sex center to
the second center, the hara, you suddenly become aware of death. People are not
aware, they think it always happens to somebody else; obviously, you always see
somebody else dying, you have never seen yourself dying. Perhaps you are an
exception. It happens to somebody else, always — although the poet says, “Never
ask for whom the bell tolls, it tolls for thee.”
In Christian villages, the church bell tolls to inform
all the farmers in the orchards, in the fields, to come to the village,
somebody has died. It refers to that. “Never ask for whom the bell tolls, it
always tolls for thee.”
When your energy is at the hara center — the hara center
is the death center — you suddenly become aware that just as millions of people
have been dying since centuries, “I cannot be an exception. I will have to die,
if not today, then tomorrow or the day after tomorrow. But someday, that which
is born always dies. I am born, I am going to die.”
Birth is the beginning of death. Birth contains death in
itself. Birth is the seed, and death is the flower. It takes seventy years from
the cradle to the grave; it is a seventy-year-old tree. But your death is
growing side by side with your life.
Once you are at the sex center, your whole concentration
is on the other sex — if other men are not available, then other animals —
female animals, in the beginning. If female animals are not available, then
male animals.
Heterosexuality is between man and woman, a natural
phenomenon.
Homosexuality is between man and man, lesbianism is between woman and woman — unnatural, perversions. And bestiality is between man and animals, or woman and animals. It is surprising how man can get perverted.
Homosexuality is between man and man, lesbianism is between woman and woman — unnatural, perversions. And bestiality is between man and animals, or woman and animals. It is surprising how man can get perverted.
But if you are not a pervert, as your energy moves to the
second center, the hara, you become absolutely uninterested in sex. It is not
celibacy, you have not taken any vow, your energy has simply moved higher. Its
concern becomes death. In sex the concern was birth, because through sex is all
reproduction.
Moving from sex you have moved from birth to death, a
small distance. Suddenly you become aware that “Death is coming and I am
concerned only with trivia — money, power, prestige, respectability. All this
will be gone when death comes. I am unnecessarily making the effort of creating
a signature on the sands. A little breeze of wind, a little tidal wave, and the
signature will be finished.”
Death comes as a tidal wave, and all your personality,
all your respectability, prestige, are erased. One becomes aware that, “I have
to find something which is beyond death.”
Once the energy moves to the hara, the concern for the
search for something immortal in you becomes very predominant, and when the
energy moves to the third center, your concern is no more intellectual. You
don’t simply philosophize, you don’t read the books which say, “Life is
eternal”; you don’t believe. At the third center — the navel — your interest
becomes experiential.
It is not a coincidence that people talk about meditators
as “navel gazers.” That is meaningful. You are gazing at the navel, not from
the outside; that won’t help. You have to close your eyes and go to the navel.
That’s what I am calling the center of your being. It is just behind the navel.
That’s why the navel joins you with the mother, because your being is just
behind the navel. If you were not nourished by the mother, through the navel,
you would not have survived nine months in the womb.
Once your energy rises to the navel — and it goes on
happening, in all the meditations your energy is going up — your concern
becomes meditation. You want to know on your own, not through the scriptures,
what is the truth, whether there is life beyond death or not.
As you move above to the fourth center, that is the
heart, your whole life becomes a sharing of love. The third center has created
the abundance of love. By reaching to the third center in meditation, you have
become so overflowing with love, with compassion, and you want to share. It
happens at the fourth center — the heart.
That’s why even in the ordinary world people think love
comes out of the heart. For them it is just hearsay, they have heard it. They
don’t know it because they have never reached to their heart. But the meditator
finally reaches to the heart.
As he has reached to the center of his being — the third
center — suddenly an explosion of love and compassion and joy and blissfulness
and benediction has arisen in him with such a force that it hits his heart and
opens the heart. The heart is just in the middle of all your seven centers —
three centers below, three centers above. You have come exactly to the middle.
That’s why the person of the heart is very balanced,
utterly balanced. He has a tremendous grace, a beauty that seems to be not of
this world. His eyes are showering love, his hands are showering love, even if
he does nothing. Even his presence is radiating love. It is a vibration,
multidimensional. All around him a love energy goes on flowing. Those who are
receptive, their hearts will start ringing a bell. For the first time they will
hear a new music, a new harmony, a new synchronicity.
The fifth center is the throat. The throat is the center
of expression. When you are too full of experience, you share love at the
fourth center, and you share your experience through language, through devices,
from the fifth center.
The sixth center is just between the two eyebrows,
inside. In India we have called it the third eye. It gives you a tremendous
clarity, a vision of the whole existence as it is. And when you open your eyes
… it affects even your ordinary world. Trees are greener, roses are rosier,
everything around you of which you were never aware becomes more graceful.
Everything around you becomes more beautiful. Even wildflowers look so
beautiful; they have their own individuality, they cannot be compared to roses,
they cannot be compared to lotuses. There is no comparison at all.
Once you have reached to the sixth — the third eye —
everything in your life becomes crystal clear. No questions, no answers — you
know it. No belief, no disbelief — you know it.
And the seventh center is when you become enlightened:
the center of samadhi, the center of ultimate awakening, the center where you
become a buddha.
OSHO- Christianity: The Deadliest Poison and Zen: The
Antidote to All Poisons
Ch #8
Ch #8
#Posted by Osho Indonesia
Komentar
Posting Komentar