Langsung ke konten utama

Tehknik Meditasi - Atisha Sutra: Pikirkan Bahwa Semua Fenomena Adalah Mimpi

“Fenomena” berarti semua yang engkau lihat, semua yang engkau alami. Semua yang bisa kapan saja dialami adalah semua fenomena. Ingat, bukan hanya objek dari fenomena dunia dan mimpi, tapi juga objek kesadaran. Mereka mungkin objek dunia, mereka mungkin hanya objek pikiran. Mereka mungkin pengalaman spiritual yang hebat.

Engkau mungkin melihat kundalini naik di dalam dirimu: itu juga merupakan fenomena – mimpi indah, mimpi yang sangat manis, tapi ini adalah mimpi yang sama. Engkau mungkin melihat cahaya yang hebat membanjiri keberadaanmu, tapi cahaya itu juga merupakan fenomena. Engkau mungkin melihat teratai mekar di dalam dirimu dan keharuman besar timbul didalam keberadaanmu: itu juga fenomena, karena engkau selalu menjadi pelihat dan tidak pernah yang terlihat, selalu menjadi yang-mengalami dan tidak pernah menjadi yang-dialami, selalu menjadi penyaksi dan tidak pernah menjadi yang-disaksikan.

Semua yang bisa disaksikan, dilihat, diperhatikan, adalah fenomena. Fenomena material, fenomena psikologis, fenomena spiritual – semuanya sama saja. Tidak perlu membedakannya. Hal mendasar yang harus diingat adalah: apa yang bisa dilihat adalah mimpi.

PIKIRKAN BAHWA SEMUA FENOMENA ADALAH MIMPI.

Ini adalah teknik yang sangat hebat. Mulailah berkontemplasi (merenung dan berpikir dengan penuh perhatian) dengan cara ini: jika engkau berjalan di jalan, kontemplasikanlah bahwa orang-orang yang lewat semuanya adalah mimpi. Toko-toko dan para pemilik toko dan pelanggan dan orang-orang datang dan pergi, semua adalah mimpi. Rumah-rumah, bis, kereta, pesawat terbang, semuanya mimpi.

Engkau akan segera terkejut dengan sesuatu yang luar biasa penting terjadi dalam dirimu. Pada saat engkau berpikir “Semua adalah mimpi” tiba-tiba, seperti kilat, satu hal muncul dalam visimu: “Aku juga mimpi.” Karena jika yang dilihat adalah mimpi, lalu siapa ini ‘aku’? Jika objek adalah mimpi, maka subjek juga mimpi. Jika objek itu palsu, bagaimana subjeknya bisa menjadi kenyataan? Mustahil.

Jika engkau melihat segala sesuatu sebagai mimpi, tiba-tiba engkau akan menemukan sesuatu yang terlepas dari keberadaanmu: gagasan tentang ego. Inilah satu-satunya cara untuk menjatuhkan ego, dan yang paling sederhana.
Coba saja – bermeditasilah dengan cara ini. Bermeditasi dengan cara ini berulang-ulang, suatu hari keajaiban terjadi: engkau melihat ke dalam, dan ego tidak ditemukan di sana.

Ego adalah produk sampingan, produk sampingan dari ilusi bahwa apa pun yang engkau lihat itu benar adanya. Jika engkau berpikir bahwa benda itu nyata, maka ego bisa ada; itu adalah produk sampingan. Jika engkau berpikir bahwa objek adalah mimpi, ego menghilang. Dan jika engkau berpikir terus menerus bahwa semua itu adalah mimpi, maka suatu hari, dalam mimpi di malam hari, engkau akan terkejut: tiba-tiba dalam mimpi engkau akan ingat bahwa ini adalah mimpi juga! Dan segera, ketika ingatan terjadi, mimpi akan menghilang. Dan untuk pertama kalinya engkau akan mengalami dirimu tidur nyenyak, namun tetap terjaga – pengalaman yang sangat paradoks, namun sangat bermanfaat.

Begitu engkau melihat mimpimu menghilang karena engkau telah menyadari mimpi, kualitas kesadaranmu akan memiliki rasa baru untuk itu. Keesokan paginya engkau akan terbangun dengan kualitas yang sama sekali berbeda yang belum pernah engkau ketahui sebelumnya. Engkau akan bangun untuk pertama kalinya. Sekarang engkau akan tahu bahwa semua pagi yang lain itu palsu; engkau tidak benar-benar bangun. Mimpi berlanjut – satu-satunya perbedaan adalah bahwa di malam hari engkau bermimpi dengan mata terpejam, pada siang hari engkau bermimpi dengan mata terbuka.

Tapi jika mimpi itu telah hilang karena kesadaran terjadi, tiba-tiba engkau menjadi sadar dalam mimpi …. Dan ingat, kesadaran dan mimpi tidak bisa ada bersama-sama.

Di sini, kesadaran muncul, dan di sana, mimpinya lenyap. Saat engkau terbangun dalam tidurmu, keesokan paginya akan menjadi sesuatu yang sangat penting sehingga itu tidak ada bandingannya. Tidak ada yang seperti itu yang pernah terjadi. Matamu akan begitu jelas, begitu transparan, dan semuanya akan terlihat sangat psikedelik, sangat berwarna, begitu hidup. Bahkan batuan pun akan terasa bernafas, berdenyut; Bahkan batuan pun akan memiliki detak jantung. Bila engkau sudah terjaga, seluruh semesta mengubah kualitasnya.

Kita hidup dalam mimpi. Kita tertidur, bahkan saat kita berpikir kita sudah bangun.

PIKIRKAN BAHWA SEMUA FENOMENA ADALAH SEPERTI MIMPI.

Pertama, objek akan kehilangan objektivitas mereka. Dan kedua, subjek akan kehilangan subjektivitasnya.

Dan itu membawa dirimu ke transendensi. Benda itu tidak lagi penting, subjek tidak lagi penting, lalu apa yang tersisa? Kesadaran transendental: bodhichitta – hanya sekedar menyaksikan, tanpa gagasan tentang ‘aku’ dan ‘engkau’; hanya cermin murni yang mencerminkan apa adanya.

OSHO- The Book Of Wisdom Ch 1 -“Atisha the Thrice Great”

THINK THAT ALL PHENOMENA ARE LIKE DREAMS.

“Phenomena” means all that you see, all that you experience. All that can ever be experienced is all phenomena. Remember, not only are the objects of the world phenomena and dreams, but also objects of consciousness. They may be objects of the world, they may be just objects of the mind. They may be great spiritual experiences.

You may see kundalini rising in you: that too is a phenomenon — a beautiful dream, a very sweet dream, but it is a dream all the same. You may see great light flooding your being, but that light is also a phenomenon. You may see lotuses blooming inside you and a great fragrance arising within your being: those too are phenomena, because you are always the seer and never the seen, always the experiencer and never the experienced, always the witness and never the witnessed.

All that can be witnessed, seen, observed, is phenomena. Material phenomena, psychological phenomena, spiritual phenomena — they are all the same. There is no need to make any distinction. The basic thing to remember is: that which can be seen is a dream.

THINK THAT ALL PHENOMENA ARE DREAMS.

This is a tremendously powerful technique. Start contemplating in this way: if you are walking on the street, contemplate that people passing by are all dreams. The shops and the shopkeepers and the customers and the people coming and going, all are dreams. The houses, the buses, the train, the airplane, all are dreams.

You will be immediately surprised by something of tremendous import happening within you. The moment you think “All are dreams” suddenly, like a flash, one thing comes into your vision: “I am a dream too.” Because if the seen is a dream, then who is this ‘I’? If the object is a dream, then the subject is also a dream. If the object is false, how can the subject be the truth? Impossible.

If you watch everything as a dream, suddenly you will find something slipping out of your being: the idea of the ego. This is the only way to drop the ego, and the simplest.

Just try it — meditate this way. Meditating this way again and again, one day the miracle happens: you look in, and the ego is not found there.

The ego is a by-product, a by-product of the illusion that whatsoever you are seeing is true. If you think that objects are true, then the ego can exist; it is a by-product. If you think that objects are dreams, the ego disappears. And if you think continuously that all is a dream, then one day, in a dream in the night, you will be surprised: suddenly in the dream you will remember that this is a dream too! And immediately, as the remembrance happens, the dream will disappear. And for the first time you will experience yourself deep asleep, yet awake — a very paradoxical experience, but of great benefit.

Once you have seen your dream disappearing because you have become aware of the dream, your quality of consciousness will have a new flavor to it. The next morning you will wake up with a totally different quality you had never known before. You will wake up for the first time. Now you will know that all those other mornings were false; you were not really awake. The dreams continued — the only difference was that in the night you were dreaming with eyes closed, in the day you were dreaming with eyes open.

But if the dream has disappeared because awareness happened, suddenly you became aware in the dream…. And remember, awareness and dreaming cannot exist together.

Here, awareness arises, and there, the dream disappears. When you become awake in your sleep, the next morning is going to be something so important that it is incomparable. Nothing like it has ever happened. Your eyes will be so clear, so transparent, and everything will look so psychedelic, so colorful, so alive. Even rocks will be felt to be breathing, pulsating; even rocks will have a heartbeat. When you are awake, the whole existence changes its quality.

We are living in a dream. We are asleep, even when we think we are awake.

THINK THAT ALL PHENOMENA ARE LIKE DREAMS.

First, objects will lose their objectivity. And second, the subject will lose its subjectivity.

And that brings you to a transcendence. The object is no longer important, the subject is no longer important, then what is left? A transcendental consciousness: bodhichitta — just a witnessing, with no idea of ‘I’ and ‘thou’; just a pure mirror which reflects that which is.

OSHO- The Book Of Wisdom
Ch 1 -“Atisha the Thrice Great”

#Posted By Osho Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salah Satu Syair Rumi Tentang Reinkarnasi

Sebagai tahapan yang harus dilalui wujud lahir, tingkatan wujud berikutnya akan berproses sesuai dengan rancangan wujud sebelumnya. Dengan jalan seperti ini muncullah ribuan perubahan. Dan tiap perubahan selalu lebih baik dari sebelumnya. Sadarilah selalu wujudmu saat ini karena jika kau berpikir tentang wujudmu di masa lalu, maka kau akan memisahkan dirimu dari Diri Sejatimu. Inilah semua keadaan yang tetap yang kau saksikan dalam kematian. Lalu mengapa harus kau palingkan mukamu dari kematian? Ketika tahapan kedua lebih baik dari tahapan pertama, maka matilah dengan senyum suka cita. Dan arahkan pandanganmu ke depan untuk menempati wujud baru yang lebih baik dari wujud sebelumnya. Sadarilah, dan jangan tergesa-gesa. Kau harus mati terlebih dulu sebelum memperbaiki diri. Laksana sang surya, hanya jika kau tenggelam di Barat, maka di Timur, kau akan menyaksikan wajahmu yang cerlang gemilang.  ( Jalaluddin Rumi ) Tulisan Di Batu Nisan Jalaluddin...

Kata-Kata Indah Dari Osho

Kita telah hidup dalam pikiran selama begitu banyak kehidupan, dan kita telah menjadi selaras dengan kegelapannya, dengan keburukannya, kesia-siaannya. Ketika engkau bertindak tanpa pikiran, seluruh keberadaanmu bergetar. Engkau bergerak di jalur yang berbahaya. Pikiran berkata, “Waspada! Pikirkan dulu, baru kemudian bertindak.” Tetapi jika engkau berpikir dulu dan baru kemudian melakukan sesuatu, perbuatanmu akan selalu mati, basi. Ini akan keluar dari pikiran, ini tidak akan menjadi nyata dan otentik. Maka engkau tidak bisa mencintai, Maka engkau tidak bisa bermeditasi, Maka engkau tidak bisa benar-benar hidup dan engkau tidak bisa mati. Engkau menjadi hantu, keberadaan yang palsu. Cinta mengetuk hatimu dan engkau berkata, “Tunggu! Aku akan memikirkannya.” Kehidupan terus mengetuk pintumu dan engkau berkata, “Tunggu! Aku akan memikirkannya.” OSHO, A Bird on the wing, Chpt 9, Save the cat “Kuasai hanya satu hal: dirimu sen...

Osho, aku ingin berdoa kepada Tuhan. Tolong ajari aku caranya

“Prayer means gratefulness, prayer means no complaint. Prayer means ”I am thankful for all that has been given to me; more I could not have asked for.” In that very prayerfulness one becomes graceful”. ___Osho Doa berarti rasa syukur, doa berarti tidak ada keluhan. Doa berarti “Saya bersyukur untuk semua yang telah diberikan kepada saya; lebih saya tidak bisa meminta.” Dalam penuh rasa syukur itu orang menjadi graceful.. ------------------------------------------- “Osho, aku ingin berdoa kepada Tuhan. Tolong ajari aku caranya” Osho: “JANGAN MEREPOTKAN ALLAH, DIA PUNYA MASALAH SENDIRI. Tidakkah anda lihat apa pun yang Dia ciptakan adalah mati? Anda menyimpan masalah anda kepada diri sendiri. Mengapa orang harus ingin berdoa kepada Allah? ALLAH TIDAK MEMBUTUHKAN DOA-DOA ANDA. Anda mungkin memerlukan doa-doa itu — tapi mereka tidak akan sesuatu yang lebih dari suara keinginan anda, tuntutan anda, mengekspresikan keluhan anda. Itulah apa yang dilakukan orang atas nama d...