OSHO, ENGKAU BERKATA BAHWA SHIVA BUKAN SEORANG
PEMBUAT-SISTEM DAN SEKTE TIDAK DAPAT DICIPTAKAN DARI AJARANNYA. TAPI ORANG
SEPERTI BUDDHA, MAHAVIR, JESUS, GURDJIEFF, TAMPAKNYA ADALAH PEMBUAT-SISTEM YANG
BESAR.
MENGAPA MEREKA HARUS MENJADI PEMBUAT- SISTEM?
TOLONG JELASKAN PRO DAN KONTRA DARI PEMBUAT-SISTEM. APAKAH ENGKAU SEORANG PEMBUAT-MULTI-SISTEM?
TOLONG JELASKAN PRO DAN KONTRA DARI PEMBUAT-SISTEM. APAKAH ENGKAU SEORANG PEMBUAT-MULTI-SISTEM?
Ada dua kemungkinan: engkau dapat membuat sebuah sistem
untuk menolong orang, menciptakan multi-sistem untuk menolong orang, atau
lainnya, engkau bisa mencoba untuk menghancurkan sistem untuk menolong orang.
Sekali lagi tentang ya dan tidak. Sekali lagi kutub yang berlawanan. Dan dengan
kedua cara ini engkau dapat menolong orang.
Bodhidharma adalah penghancur-sistem, Krishnamurti adalah
penghancur-sistem, seluruh tradisi Zen adalah penghancuran-sistem. Mahavir,
Muhammad, Yesus, Gurdjieff, adalah pembuat-sistem yang besar. Masalahnya adalah
selalu bahwa kita tidak bisa memahami kedua hal yang bertentangan ini secara
serempak bersama-sama: kita berpikir bahwa salah satu bisa benar tetapi
keduanya tidak bisa. Jika pembuat-sistem itu benar, maka pikiran kita
mengatakan bahwa penghancur-sistem pasti salah. Atau jika penghancur-sistem itu
benar, maka pembuat-sistem pasti salah. Tidak, keduanya adalah benar.
Sebuah sistem berarti sebuah pola untuk diikuti, peta
yang jelas untuk diikuti sehingga tidak ada kesangsian lagi yang muncul, tidak
ada keraguan muncul dan engkau dapat mengikutinya dengan iman yang mutlak.
Ingatlah ini: sistem dibuat untuk menciptakan iman, untuk menciptakan
kepercayaan. Jika semuanya jelas, maka akan ada kepercayaan dengan lebih
mudahnya. Jika semua pertanyaanmu dijawab secara matematis, maka engkau akan
berada dalam keadaan yang tidak meragukan lagi dan engkau dapat melanjutkan.
Jadi kadang-kadang Mahavir juga menjawab
pertanyaan-pertanyaanmu yang tidak masuk akal. Mereka adalah pertanyaan yang
sia-sia, tidak berarti, tapi dia akan menjawabnya. Dan dia akan menjawab dengan
cara sedemikian rupa sehingga menolongmu untuk memiliki kepercayaan, karena
kualitas kepercayaan seperti itu yang dibutuhkan.
Ketika seseorang mencoba untuk menembus ke yang tidak
diketahui, kepercayaan yang mendalam itu sangat diperlukan jika tidak maka akan
mustahil untuk bergerak. Ini akan sangat berbahaya, engkau akan ketakutan. Itu
gelap, jalan tidak jelas, semuanya kacau dan setiap langkah membawamu ke
ketidakamanan yang semakin lama semakin dalam. Oleh karena itu pembuat-sistem
diperlukan sehingga semuanya direncanakan: engkau tahu segala sesuatunya
tentang surga dan neraka dan moksha/pembebasan utama, dan dari mana engkau akan
bergerak, dari mana engkau akan lewat. Setiap sentimeter telah dipetakan.
Itu memberimu keamanan, perasaan, bahwa segala sesuatunya
baik-baik saja. Orang telah berada disana sebelumnya dan engkau tidak sedang
bergerak menuju ke tanah tak bertuan, engkau tidak sedang bergerak ke yang
tidak diketahui. Sebuah sistem membuatnya tampak seolah-olah itu diketahui. Itu
adalah untuk menolongmu, hanya untuk memberikanmu dukungan. Dan jika engkau
memiliki iman maka engkau akan memiliki energi untuk bergerak. Jika engkau
ragu-ragu, engkau akan menghabiskan energi dan gerakan akan menjadi sulit.
Pembuat-sistem telah mencoba untuk menjawab semua jenis
pertanyaan dan mereka telah menciptakan peta yang rapi dan bersih. Dengan peta
itu di tanganmu engkau merasa semuanya baik-baik saja, engkau dapat
melanjutkan. Tetapi aku berkata kepadamu, setiap sistem hanya buatan. Setiap
sistem hanya untuk menolongmu. Itu tidak benar. Tidak ada sistem yang bisa
benar. Ini adalah suatu alat. Tapi itu menolong karena seluruh kepribadianmu
begitu palsunya sehingga bahkan alat yang tidak benar akan menolong. Engkau
tinggal dalam kebohongan dan engkau tidak dapat memahami kebenaran. Sebuah
sistem berarti lebih sedikit kebohongan dan kemudian bahkan kebohongan semakin
berkurang dan kemudian, perlahan-lahan, perlahan-lahan, engkau akan datang
lebih dekat dan lebih dekat pada kebenaran. Ketika kebenaran terungkapkan
padamu, sistem itu akan menjadi tidak berarti, itu hanya akan jatuh.
Ketika Sariputta menjadi tercerahkan, sampai ke tujuan
akhir, ia melihat kembali dari titik itu dan melihat bahwa seluruh sistemnya
telah menghilang. Apapun yang telah diajarkan tidak ada disana. Jadi ia berkata
kepada Buddha, “Seluruh sistem yang diajarkan kepadaku telah menghilang.”
Buddha berkata kepadanya, “Diamlah, jangan beritahu yang lain! Itu telah
menghilang, ia harus menghilang karena itu tidak pernah ada, itu adalah
khayalan – tapi itu menolongmu untuk sampai ke titik ini. Jangan beritahu
orang-orang yang belum sampai, karena jika mereka tahu bahwa tidak ada
pengetahuan ke mana mereka akan pergi, mereka akan berhenti. Mereka tidak bisa
masuk ke yang tidak diketahui tanpa penjagaan, sendirian mereka tidak bisa
pergi.”
Hal ini terjadi berkali-kali. Itu adalah pengalamanku
sendiri bahwa orang-orang datang kepadaku dan mereka berkata, “Sekarang
meditasi telah begitu mendalam tetapi kami takut.” Perasaan akhir pasti datang
ketika engkau merasa satu ketakutan akan „kematian“, seolah-olah kematian
semakin dekat. Ketika meditasi sampai ke puncaknya itu adalah seperti-kematian.
Aku memberitahu mereka, “Jangan khawatir, aku akan
bersama denganmu.” Kemudian mereka merasa baik-baik saja. Aku tidak bisa berada
di sana – tidak mungkin! Tidak ada yang bisa berada di sana, engkau akan
sendirian. Titik itu adalah satu yang benar-benar kesendirian. Tapi ketika aku
berkata, “Aku akan berada di sana, engkau jangan khawatir, engkau teruskanlah,”
mereka merasa baik-baik saja dan mereka bergerak. Jika aku berkata, “Engkau
akan menjadi sendiri dan tidak ada yang akan berada di sana,” mereka akan
mundur. Intinya telah datang di mana rasa takut pasti ada di sana. Jurang itu
ada disana dan mereka akan jatuh – aku harus menolong mereka untuk jatuh. Jadi
aku berkata bahwa aku di sana, engkau hanya perlu melompat. Dan mereka
melompat! Setelah lompatan itu mereka akan menyadari bahwa tidak ada seorang
pun di sana, tapi sekarang, sekarang semuanya sudah selesai. Mereka tidak bisa
kembali. Ini adalah satu alat.
Semua sistem adalah alat untuk menolong: untuk menolong
orang-orang yang penuh keraguan, untuk menolong orang-orang yang tidak memiliki
kepercayaan, untuk menolong orang-orang yang tidak memiliki keyakinan. Untuk
menolong orang untuk pindah ke yang tidak diketahui tanpa takut, sistem
diciptakan. Dalam sistem-sistem itu semuanya seperti mitos, itu sebabnya ada
begitu banyak sistem. Mahavir menciptakan miliknya sendiri – sistem itu dibuat
sesuai dengan kebutuhan para pengikutnya.
Jadi ia menciptakan sebuah sistem. Ini adalah sebuah mitos, tapi sangat menolong, karena banyak orang yang bergerak melaluinya dan mencapai kebenaran. Dan ketika mereka sampai mereka tahu bahwa sistem itu palsu – tapi itu bekerja/berfungsi.
Jadi ia menciptakan sebuah sistem. Ini adalah sebuah mitos, tapi sangat menolong, karena banyak orang yang bergerak melaluinya dan mencapai kebenaran. Dan ketika mereka sampai mereka tahu bahwa sistem itu palsu – tapi itu bekerja/berfungsi.
Buddha mendefinisikan kebenaran sebagai “Itu yang
bekerja/berfungsi”. Definisinya tentang kebenaran “Itu yang
berkerja/berfungsi”. Jika kebohongan dapat bekerja, itu benar, dan jika
kebenaran tidak bisa bekerja, itu adalah palsu.
Ada begitu banyak sistem, dan setiap sistem menolong.
Tetapi setiap sistem tidak bisa menolong semua orang. Itulah sebabnya agama
lama bersikeras bahwa seseorang seharusnya tidak pindah ke agama baru, karena
meskipun pikiran setelah beberapa waktu dapat dikondisikan ke dalam sistem dan
dapat diubah, dalam hati engkau tidak akan pernah berubah, dan sistem baru
tidak akan pernah menjadi berguna untukmu. Seorang Hindu dapat menjadi seorang
Kristen, seorang Kristen dapat menjadi Hindu, tapi setelah usia tujuh tahun
pikiran itu hampir tetap, terkondisi. Jadi jika seorang Hindu menjadi seorang
Kristen ia akan tetap menjadi Hindu dalam hatinya dan sistem Kristen tidak akan
membantunya. Dan ia telah kehilangan kontak dengan sistemnya sendiri yang
mungkin telah bekerja.
Hindu dan Yahudi selalu menentang pergantian agama. Tidak
hanya menentang pergantian agama – jika seseorang ingin masuk ke dalam agama
mereka secara sukarela, mereka akan menolaknya. Mereka akan berkata, “Tidak,
ikuti jalanmu sendiri.”
Karena sistem itu adalah fenomena alam bawah sadar yang
besar; itu harus jauh di dalam alam bawah sadar, hanya kemudian itu dapat
menolong. Jika tidak maka itu tidak dapat menolong dan itu adalah hal yang
buatan. Ini seperti bahasa. Engkau tidak pernah bisa berbicara bahasa apapun
seperti engkau berbicara bahasa ibumu, itu mustahil. Tidak ada yang dapat
dilakukan tentang hal itu. Bagaimanapun efisiennya engkau dalam bahasa orang
lain, itu akan tetap dangkal.
Dalam hatimu bahasa ibu akan terus mempengaruhinya.
Mimpimu akan berada dalam bahasa ibu; alam bawah sadar akan berfungsi dengan
bahasa aslinya. Apa pun bisa dikenakan padanya dan di atasnya, tetapi itu tidak
dapat diganti.
Sistem keagamaan itu seperti bahasa, mereka adalah
bahasa. Tetapi jika mereka menembus jauh, mereka menolong karena engkau merasa
percaya diri. Sistem ini tidak relevan tapi percaya diri itu yang relevan.
Engkau merasa percaya sehingga engkau bergerak dengan langkah pasti – engkau
tahu di mana engkau bergerak. Dan mengetahui ini sangat menolong.
Tapi ada juga perusak-sistem dan mereka juga menolong.
Ada lingkaran berirama, persis seperti siang dan malam – lagi-lagi hari datang,
lagi-lagi malam datang. Mereka menolong karena kadang-kadang terjadi bahwa
ketika ada begitu banyak sistem orang menjadi bingung, dan alih-alih bergerak
dengan peta, peta-peta itu menjadi begitu berat sehingga mereka tidak bisa
membawanya. Hal ini terjadi selalu.
Sebagai contoh, satu tradisi, tradisi yang sangat
panjang, itu menolong karena akan memberikan rasa percaya diri karena itu
begitu panjang. Tetapi karena itu begitu panjang, ia juga berat, itu telah
menjadi bobot mati. Jadi, alih-alih menolongmu untuk bergerak, engkau tidak
bisa bergerak karena itu. Bebanmu harus dilepaskan. Jadi ada perusak-sistem
yang merusak sistem dari pikiranmu dan melepaskan bebanmu dan menolongmu untuk
bergerak.
Mereka berdua menolong, tapi itu tergantung. Ini
tergantung pada usia, ini tergantung pada orang yang harus dibantu.
Saat ini sistem telah menjadi sangat berat dan
membingungkan. Karena banyak alasan seluruh intinya telah hilang. Sebelumnya,
setiap sistem hidup di dunianya sendiri: seorang pemeluk Jain dilahirkan
sebagai Jain, hidup sebagai Jain, meninggal sebagai Jain.
Ia tidak mempelajari kitab suci Hindu, itu dilarang. Dia
tidak pergi ke masjid atau gereja, itu dosa. Dia tinggal di dalam dinding
sistemnya. Tidak ada yang asing yang pernah menembus pikirannya, sehingga tidak
ada kebingungan di sana.
Tapi semua itu telah dihancurkan dan semua orang
berkenalan dengan segala sesuatu yang lain. Hindu membaca Alquran dan orang
islam membaca Gita. Kristen bergerak ke Timur dan Timur bergerak ke Barat.
Semuanya membingungkan. Kepercayaan diri yang pernah datang dari sistem sudah
tidak ada lagi. Semuanya telah menembus pikiranmu dan hal-hal ini tercampur
aduk. Yesus tidak sendirian di sana, Krishna telah menembus dan Mohammad juga
telah menembus. Dan mereka telah saling bertentangan dalam dirimu. Sekarang
tidak ada lagi yang pasti.
Alkitab mengatakan ini, Gita mengatakan persis
sebaliknya. Mohammad mengatakan ini, Mahavir adalah sebaliknya. Mereka telah
bertentangan. Engkau tidak lagi ada di mana saja. Engkau tidak termasuk di mana
pun, engkau hanya berdiri di sana, kebingungan. Tidak ada jalan milikmu. Dalam
keadaan pikiran seperti itu, penghancur-sistem dapat menolong. Oleh karena itu
daya tarik besar dari Krishnamurti di Barat. Dia tidak memiliki begitu banyak
daya tarik di Timur karena Timur masih tidak sebingung Barat, karena Timur
masih tidak berpendidikan tentang yang lain. Barat terobsesi tentang mengetahui
yang lain. Mereka tahu terlalu banyak.
Sekarang tidak ada sistem yang nyata, mereka tahu bahwa
segala sesuatu adalah buatan, dan setelah engkau tahu itu, itu tidak akan
berhasil.
Krishnamurti menarik bagi mereka karena dia berkata
tinggalkan semua sistem. Jika engkau dapat meninggalkan semua sistem engkau
akan menjadi tidak bingung – tetapi itu tergantung padamu. Ini mungkin terjadi,
seperti itu hampir selalu terjadi, bahwa semua sistem akan tetap ada dan sistem
baru ini yang menghancurkan semua sistem juga akan masuk. Jadi satu penyakit
lagi ditambahkan.
Yesus terus berbicara, Krishna terus berbicara – dan
kemudian Krishnamurti juga masuk. Pikiranmu menjadi Menara Babel – begitu
banyak lidah dan engkau tidak dapat memahami apa yang terjadi. Engkau hanya
merasa tak waras.
Jika engkau percaya pada suatu sistem, sejauh ini baik;
jika engkau tidak percaya pada sistem apapun, maka jatuhkan semuanya. Kemudian
jadilah benar-benar bersih, tak berbeban. Tapi jangan hanya di tengah-tengah
dua alternatif tersebut.
Dan tampaknya bahwa setiap orang hanya berada di tengah.
Kadang-kadang engkau bergerak ke kanan, kadang-kadang ke kiri, kemudian lagi ke
kanan dan kemudian ke kiri – seperti bandul jam. Engkau pergi dari sisi ini ke
situ, sisi ini ke situ. Gerakan ini mungkin tampak bagimu seperti engkau
bergerak. Engkau tidak bergerak ke mana pun. Setiap langkah membatalkan
beberapa langkah lain, karena ketika engkau bergerak ke kanan dan kemudian ke
kiri engkau terus bertentangan dengan dirimu sendiri. Pada akhirnya engkau
hanya bingung, bimbang, satu kekacauan.
(Pilihlah salah satunya,) melepaskan beban sepenuhnya –
itu akan menolong. Engkau akan menjadi bersih, murni, seperti anak-anak, dan
engkau bisa terbang – atau jika pemahaman itu tampaknya terlalu berbahaya
untukmu, jika engkau takut melepaskan beban karena itu akan membawamu ke dalam
ruang hampa, ke dalam kekosongan, jika pelepasan beban itu tampak berbahaya dan
engkau ketakutan, maka pilihlah sebuah sistem. Tetapi ada banyak orang yang
terus mengatakan kepadamu bahwa semuanya adalah sama – Quran mengatakan hal
yang sama, Alkitab mengatakan hal yang sama, Gita mengatakan hal yang sama,
pesan mereka adalah sama. Orang-orang ini adalah pembawa kebingungan yang besar.
Alquran, Alkitab, Gita, mereka tidak mengatakan hal yang sama, mereka adalah
sistem. Sistem yang jelas. Berbeda. Tidak hanya berbeda, tapi kadang-kadang
bertentangan dan berlawanan.
Sebagai contoh, Mahavir mengatakan bahwa tanpa-kekerasan
harus menjadi kuncinya. Jika engkau kasar, bahkan sedikit kasar, pintu menuju
kebenaran utama ditutup untukmu. Ini adalah teknik. Untuk menjadi benar-benar
tanpa kekerasan membutuhkan pembersihan lengkap dari pikiran dan tubuhmu –
keduanya. Engkau harus dimurnikan sepenuhnya, hanya kemudian engkau akan
menjadi tanpa-kekerasan. Proses ini untuk menjadi tanpa kekerasan akan
memurnikan engkau sepenuhnya sehingga proses itu akan menjadi akhirnya.
Justru sebaliknya adalah pesan Krishna. Dia berkata
kepada Arjuna, “Jangan takut membunuh karena jiwa tidak dapat dibunuh. Engkau
dapat membunuh tubuh, tetapi engkau tidak bisa membunuh jiwa. Jadi kenapa harus
takut? Dan tubuh itu sudah mati, sehingga yang mati akan mati dan yang masih
hidup akan tetap hidup.
Engkau tidak perlu khawatir. Itu hanya permainan.” Dia
juga benar, karena jika engkau dapat sampai untuk menyadari hal ini – bahwa
jiwa tidak dapat dimusnahkan – maka seluruh hidup akan menjadi sebuah
permainan, fiksi, drama.
Dan jika seluruh hidup menjadi sebuah drama, bahkan
pembunuhan dan bunuh diri menjadi drama untukmu, tidak hanya dalam berpikir,
tapi engkau menyadari fakta bahwa semuanya hanyalah mimpi. Kematian juga akan
membuatmu menjadi seorang saksi, dan kesaksian itu akan menjadi melampaui …
engkau akan melampaui dunia. Seluruh dunia menjadi sebuah drama – tidak ada
yang baik, tidak ada yang buruk, hanya mimpi. Engkau tidak perlu khawatir
tentang hal itu.
Tapi dua hal ini sama sekali berbeda. Mereka mengarah
pada titik yang sama pada akhirnya tetapi engkau tidak boleh mencampur mereka.
Jika engkau mencampur mereka, engkau akan menderita. Pembuat-sistem telah ada
untuk menolongmu, perusak-sistem telah ada untuk menolongmu. Tapi tampaknya
tidak ada orang yang bisa menolong. Engkau itu demikian, begitu keras kepala dan
begitu licik, engkau selalu menemukan beberapa celah untuk melarikan diri.
Buddha dan Krishna dan Yesus – setiap abad mereka terus
mengajaran hal-hal tertentu. Engkau terus mendengarkan tetapi engkau sangat
pintar. engkau mendengarkan, tapi engkau tidak mendengarkan. Dan engkau selalu
menemukan sesuatu, beberapa lubang, dari mana engkau dapat melarikan diri.
Sekarang trik pikiran modern adalah bahwa jika ada sistem, jika Gurdjieff
mengajar, maka orang akan pergi kepadanya dan berkata, “Krishnamurti mengatakan
tidak ada sistem.”
Orang yang sama akan pergi ke Krishnamurti – Krishnamurti
mengajarkan tidak ada sistem – dan mereka akan berkata “Tapi Gurdjieff
mengatakan bahwa tanpa sistem tidak ada yang dapat dilakukan”. Jadi sementara
di dekat Gurdjieff mereka menggunakan Krishnamurti sebagai celah untuk
melarikan diri; sementara di dekat Krishnamurti mereka menggunakan Gurdjieff
sebagai trik untuk melarikan diri. Tapi mereka tidak menipu siapa pun, mereka
hanya menghancurkan diri mereka sendiri.
Gurdjieff dapat menolong, Krishnamurti dapat menolong,
tetapi mereka tidak dapat menolong melawan dirimu. Engkau harus yakin tentang
hal-hal tertentu. Satu, apakah engkau membutuhkan bantuan atau engkau tidak
membutuhkannya. Kedua, apakah engkau dapat bergerak ke yang-tidak- diketahui
tanpa rasa takut atau engkau tidak bisa. Dan ketiga, tanpa metode apapun, tanpa
teknik apapun, tanpa sistem apapun, dapatkah engkau bergerak satu sentimeter
atau tidak? Ketiga hal ini engkau harus putuskan dalam dirimu: analisis
pikiranmu, buka itu, lihat ke dalamnya dan putuskan jenis pikiran apa yang
engkau punya. Jika engkau memutuskan bahwa engkau tidak dapat melakukannya
sendiri maka engkau perlu satu sistem, satu master, satu kitab suci, satu
teknik. Jika engkau berpikir bahwa engkau bisa melakukannya sendiri maka tidak
ada kebutuhan untuk apapun.
Engkaulah master, engkaulah kitab suci, engkaulah
tekniknya. Tapi jujurlah, dan jika engkau merasa bahwa itu tidak mungkin untuk
memutuskan – itu tidak mudah untuk memutuskan – jika engkau merasa bingung,
maka pertama-tama cobalah seorang master, satu teknik, satu sistem. Dan cobalah
itu dengan keras, sampai ke puncaknya, sehingga jika ada sesuatu yang akan
terjadi, itu terjadi. Jika tidak ada yang akan terjadi kemudian engkau sampai
ke satu titik di mana engkau dapat memutuskan bahwa sekarang engkau akan
memiliki semuanya, engkau akan sendirian. Itu juga akan baik.
Tapi saranku adalah bahwa engkau harus selalu mulai
dengan seorang master, satu sistem, satu teknik, karena dalam kedua cara itu
akan baik. Jika engkau dapat mencapai melalui itu, itu baik; jika engkau tidak
dapat mencapai melalui itu, maka semuanya menjadi sia-sia dan engkau bisa
menjatuhkannya dan kemudian engkau dapat melanjutkannya sendirian. Maka engkau
tidak perlu Krishnamurti untuk memberitahumu bahwa tidak ada master yang
diperlukan, engkau akan tahu itu. Maka engkau tidak akan membutuhkan pengajaran
Zen untuk memberitahumu untuk membuang kitab suci dan membakar mereka, engkau
akan telah membakarnya.
Sehingga sangat baik untuk melanjutkan dengan seorang
master, dengan satu sistem, dengan satu teknik – tapi jujur/tuluslah. Ketika
aku mengatakan tulus maksudku bahwa engkau harus melakukan apapun yang dapat
engkau lakukan dengan seorang master, sehingga jika sesuatu bisa terjadi, itu
terjadi. Jika tidak ada yang bisa terjadi, maka engkau dapat menyimpulkan bahwa
ini bukan jalan untukmu dan engkau dapat bergerak sendiri.
Osho, Vigyan Bhairav Tantra Vol 2, Chpt 35, Buddha’s inner orgasm
OSHO, YOU SAID THAT SHIVA IS NOT A SYSTEM-MAKER
Osho, Vigyan Bhairav Tantra Vol 2, Chpt 35, Buddha’s inner orgasm
OSHO, YOU SAID THAT SHIVA IS NOT A SYSTEM-MAKER
AND SECTS CANNOT FORM AROUND HIS TEACHINGS.
BUT PERSONS LIKE BUDDHA, MAHAVIR, JESUS, GURDJIEFF,
SEEM TO BE GREAT SYSTEM-MAKERS.
WHY DO THEY HAVE TO BE SYSTEM-MAKERS?
PLEASE EXPLAIN THE PRO’S AND CON’S OF SYSTEM-MAKING.
ARE YOU A MULTI-SYSTEM-MAKER?
BUT PERSONS LIKE BUDDHA, MAHAVIR, JESUS, GURDJIEFF,
SEEM TO BE GREAT SYSTEM-MAKERS.
WHY DO THEY HAVE TO BE SYSTEM-MAKERS?
PLEASE EXPLAIN THE PRO’S AND CON’S OF SYSTEM-MAKING.
ARE YOU A MULTI-SYSTEM-MAKER?
There are two possibilities: you can create a system to
help people, create multi-systems to help people, or the other, you can try to
destroy systems to help people. Again the yes and no. Again the polar
opposites. And in both ways you can help people.
Bodhidharma is a system-destroyer, Krishnamurti is a
system-destroyer, the whole tradition of Zen is system-destroying. Mahavir,
Mohammed, Jesus, Gurdjieff, are great system-makers. The problems is always
that we cannot understand these two contradictory things simultaneously
together: we think that either one can be right but both cannot be. If
system-makers are right, then our mind says that system-destroyers must be
wrong. Or if the system-destroyers are right, then system-makers must be wrong.
No, both are right.
A system means a pattern to follow, a clear-cut map to
follow so that no doubt arises, no indecisiveness arises and you can follow
with absolute faith. Remember this: a system is created to create faith, to
create trust. If everything is clear, then there will be trust more easily. If
all your questions are answered mathematically, then you will be in a state of
no doubt and you can proceed.
So sometimes Mahavir answers your absurd questions also.
They are futile questions, meaningless, but he will answer. And he will answer
in such a way that it helps you to have trust, because that quality of trust is
needed.
When someone tries to penetrate into the unknown a deep
trust is needed otherwise it will be impossible to move. It will be so
dangerous you will get scared. It is dark, the path is not clear, everything is
chaos and every step leads you into more and more insecurity. Hence
system-making is needed so that everything is planned: you know everything
about heaven and hell and the ultimate moksha, and from where you will move,
from where you will pass. Every inch has been mapped.
That gives you a security, a feeling, that everything is
okay. People have been there before and you are not moving into a no-man’s
land, you are not moving into the unknown. A system makes it appear as if it is
known. That is to help you, just to give you support. And if you have faith
then you will have energy to move. If you are doubtful, you will dissipate
energy and movement will be difficult.
System-makers have tried to answer all types of questions
and they have created a neat and clean map. With that map in your hand you feel
everything is okay, you can proceed. But I tell you, every system is just
artificial. Every system is just to help you. It is not true. No system can be
true. It is a device. But it helps because your whole personality is so untrue
that even untrue devices help. You live in lies and you cannot understand
truth. A system means less lies and then even less lies and then by and by, by
and by, you will come nearer and nearer to the truth. When the truth is
revealed to you the system will become meaningless, it will simply drop.
When Sariputta became enlightened, came to the ultimate
goal, he looked back from that point and saw that the whole system had disappeared.
Whatsoever he had been taught was not there. So he said to Buddha, “The whole
system that was taught to me has disappeared.” Buddha said to him, “Keep
silent, don’t tell the others! It has disappeared, it has to disappear because
it was never there, it was a make-believe – but it helped you to come to this
point. Don’t tell those who have not come yet, because if they know that there
is no knowledge where they are going to they will drop. They cannot go into the
unknown unguarded, alone they cannot go.”
It happens many times. It has been my own experience that
people come to me and they say, “Now meditation is going deep but we are
scared.” An ultimate feeling is bound to come when you feel a “dying” fear, as
if death is approaching near. When meditation comes to its peak it is
death-like.
I tell them, “Don’t worry, I am with you.” Then they feel
okay. I cannot be there – impossible! No one can be there. This is untrue. No
one can be there, you will be alone. That point is one of total aloneness. But
when I say, “I will be there, you don’t worry, you go ahead,” they feel okay
and they move. If I say, “You will be alone and no one is going to be there,”
they will step back. The point has come where fear is bound to be there. The
abyss is there and they are going to fall – I must help them to fall. So I say
that I am there, you just take the jump. And they take the jump! After the jump
they will come to know that no one was there, but now, now the whole thing is
finished. They cannot come back. This is a device.
All systems are devices to help: to help people who are
full of doubts, to help people who have no trust, to help people who have no
confidence. To help people to move into the unknown without fear, systems are
created. In those systems everything is just like a myth, that is why there are
so many systems. Mahavir creates his own – that system is created according to
the needs of his followers.
So he creates a system. It is a myth, but very helpful,
because many moved through it and reached to the truth. And when they reached
they knew that the system was false – but it worked.
Buddha defines truth as “That which works”. His definition of truth is “That which works”. If a lie can work, it is true, and if a truth cannot work, it is false.
Buddha defines truth as “That which works”. His definition of truth is “That which works”. If a lie can work, it is true, and if a truth cannot work, it is false.
There are so many systems, and every system helps. But
every system cannot help everybody. That is why the old religions insisted that
a person should not be converted into a new religion, because although the mind
can after a time be conditioned in a system and can be changed, deep down you
will never change, and a new system will never become useful for you. A Hindu
can become a Christian, a Christian can become a Hindu, but after the age of
seven the mind is almost fixed, conditioned. so if a Hindu becomes a Christian
he will remain a Hindu deep down and the Christian system will not help him.
And he has lost contact with his own system which might have worked.
Hindus and Jews have always been against conversion. Not
only against conversion – if someone wants to enter into their religion
voluntarily, they will resist. They will say, “No, follow your own path.”
Because a system is a great unconscious phenomenon; it
has to be deep in the unconscious, only then can it help. Otherwise it cannot
help and it is an artificial thing. It is just like language. You can never
speak any language as you speak your mother-tongue, it is impossible. Nothing
can be done about it. Howsoever efficient you become in somebody else’s
language it will remain superficial.
Deep down your mother-tongue will continue to influence
it. Your dreams will be in your mother- tongue; the unconscious will function
with the original language. Anything can be imposed on and above it, but it
cannot be replaced.
Religious systems are like language, they are language.
But if they penetrate deep, they help because you feel confident. The system is
irrelevant but the confidence is relevant. You feel trusting so you move with a
sure step – you know where you are moving. And this knowing helps.
But there are system-destroyers also and they also help.
There is a rhythmic circle, just like day and night – again day comes, again
night comes. They help because sometimes it happens that when there are so many
systems people get confused, and rather than moving with the maps, the maps
become so heavy that they cannot carry them. It happens always.
For example, a tradition, a very long tradition, is helpful because it will give confidence because it is so long. But because it is so long it is heavy also, it has become a dead weight. So rather than helping you to move, you cannot move because of it. You have to be unburdened. So there are system-destroyers who destroy the system from your mind and unburden you and help you to move.
They both help, but it depends. It depends on the age, it depends on the person who is to be helped.
For example, a tradition, a very long tradition, is helpful because it will give confidence because it is so long. But because it is so long it is heavy also, it has become a dead weight. So rather than helping you to move, you cannot move because of it. You have to be unburdened. So there are system-destroyers who destroy the system from your mind and unburden you and help you to move.
They both help, but it depends. It depends on the age, it depends on the person who is to be helped.
In this age systems have become very heavy and confused.
For many reasons the whole point has been lost. Before, each system lived in
its own world: a Jain was born Jain, lived Jain, died Jain.
He did not study Hindu scriptures, it was prohibited. He did not go to the mosque or the church, that was a sin. He lived in the walls of his system. Nothing alien ever penetrated his mind, so no confusion was there.
He did not study Hindu scriptures, it was prohibited. He did not go to the mosque or the church, that was a sin. He lived in the walls of his system. Nothing alien ever penetrated his mind, so no confusion was there.
But all that has been destroyed and everyone is
acquainted with everything else. Hindus are reading the Koran and Mohammedans
are reading the Gita. Christians are moving to the East and the East is moving
to the West. Everything is confused. The confidence that used to come from a
system is no longer there. Everything has penetrated your mind and things are
jumbled up. Jesus is not alone there, Krishna has penetrated and Mohammed has
also penetrated. And they have contradicted each other within you. Now nothing
is certain.
The Bible says this, the Gita says exactly the contrary.
Mohammed says this, Mahavir is just the opposite. They have contradicted. You
are no longer anywhere. You don’t belong, you are simply standing there
confused. No path is yours. In such a state of mind, system-destroying can be
helpful. Hence the great appeal of Krishnamurti in the West. He does not have
so much appeal in the East because the East is still not as confused as the
West, because the East is still not as educated about others. The West is
obsessed about knowing about others. They know too much.
Now no system is real, they know that everything is a
make-believe, and once you know it, it will not work.
Krishnamurti appeals to them because he says leave all systems. If you can leave all systems you will become unconfused – but it depends on you. It may happen, as it happens almost always, that all the systems will remain there and this new system of destroying all systems will also enter. So one more disease is added.
Krishnamurti appeals to them because he says leave all systems. If you can leave all systems you will become unconfused – but it depends on you. It may happen, as it happens almost always, that all the systems will remain there and this new system of destroying all systems will also enter. So one more disease is added.
Jesus goes on speaking, Krishna goes on speaking – and
then Krishnamurti also enters. Your mind becomes the Tower of Babel – so many
tongues and you cannot understand what is happening. You just feel crazy.
If you can believe in a system, so far so good; if you
cannot believe in any system, then drop all.
Then be completely clean, unburdened. But don’t be just in the middle of these two alternatives.
And it appears that everyone is just in the middle. Sometimes you move to the right, sometimes to the left, then again to the right and then to left – just like the pendulum of a clock. You go from this side to that, this side to that. This movement may appear to you that you are proceeding. You are not proceeding anywhere. Every step cancels some other step, because when you move to the right and then to the left you go on contradicting yourself. In the end you are just confused, puzzled, a chaos.
Then be completely clean, unburdened. But don’t be just in the middle of these two alternatives.
And it appears that everyone is just in the middle. Sometimes you move to the right, sometimes to the left, then again to the right and then to left – just like the pendulum of a clock. You go from this side to that, this side to that. This movement may appear to you that you are proceeding. You are not proceeding anywhere. Every step cancels some other step, because when you move to the right and then to the left you go on contradicting yourself. In the end you are just confused, puzzled, a chaos.
Either be unburdened completely – that will be helpful.
You will be clean, innocent, childlike, and you can fly – or if that
understanding seems too dangerous to you, if you are afraid of unburdening
because that will lead you into a vacuum, into an emptiness, if that
unburdening looks dangerous and you are scared, then choose a system. But there
are many who go on saying to you that everything is the same – the Koran says
the same, the Bible says the same, the Gita says the same, their message is the
same. These people are the great confusers. The Koran, the Bible, the Gita,
they don’t say the same, they are systems. Clear-cut systems. Different. Not
only different, but sometimes contradictory and opposite.
For example, Mahavir says that non-violence has to be the
key. If you are violent, even slightly violent, the door of ultimate reality is
closed for you. This is a technique. To become totally non- violent needs a
complete cleansing of your mind and body – both. You have to be purified
completely, only then will you become non-violent. This process of becoming
no-violent will purify you so totally that the very process will become the
end.
Just the opposite is Krishna’s message. He says to
Arjuna, “Don’t be afraid of killing because the soul cannot be killed. You can
kill the body but you cannot kill the soul. So why be afraid? And the body is
already dead, so that which is dead will be dead and that which is alive will
remain alive.
You need not be concerned. It is just a play.” He is also
right, because if you can come to realize this point – that the soul cannot be
destroyed – then the whole life becomes a play, a fiction, a drama.
And if the whole life becomes a drama, even murder and suicide become a drama to you, not just in thinking, but you realize the fact that everything is just a dream. Death too will make you a witness, and that witnessing will become transcendence… you will transcend the world. The whole world becomes a drama – there is nothing good, nothing bad, just a dream. You need not worry about it.
And if the whole life becomes a drama, even murder and suicide become a drama to you, not just in thinking, but you realize the fact that everything is just a dream. Death too will make you a witness, and that witnessing will become transcendence… you will transcend the world. The whole world becomes a drama – there is nothing good, nothing bad, just a dream. You need not worry about it.
But these two things are totally different. They lead to
the same point ultimately but you should not mix them. If you mix them, you
will suffer. System-makers have been there to help you, system- destroyers have
been there to help you. But it seems that no one has been able to help. You are
such, so adamant and so cunning, you always find some loopholes to escape
through.
Buddha and Krishna and Jesus – every century they go on
teaching certain things. You go on listening but you are very clever. You
listen and yet you don’t listen. And you always find something, some hole, from
where you can escape. Now the trick of the modern mind is that if there is a
system, if Gurdjieff is teaching, then people will go to him and say,
“Krishnamurti says no system.”
These same people will go to Krishnamurti – Krishnamurti
teaches no-system – and they will say, “But Gurdjieff says that without a
system nothing can be done.” So while near Gurdjieff they use Krishnamurti as a
loophole to escape; while near Krishnamurti they use Gurdjieff as a trick to
escape. But they are not deceiving anybody, they are simply destroying
themselves.
Gurdjieff can help, Krishnamurti can help, but they
cannot help against you. You must be certain about certain things. One, either
you need help or you don’t need it. Second, either you can move into the
unknown without any fear or you cannot. And third, without any method, without
any technique, without any system, can you proceed a single inch or can’t you?
These three things you have to decide within you: analyze your mind, open it,
look into it and decide what type of mind you have got. If you decide that you
cannot do it alone then you need a system, a master, a scripture, a technique.
If you think that you can do alone then there is no need for anything else.
You are the master, you are the scripture, you are the
technique. But be honest, and if you feel that it is impossible to decide – it
is not easy to decide – if you feel confused, then first try a master, a
technique, a system. And try it hard, to the very extreme, so that if something
is going to happen, it happens. If nothing is going to happen then you come to
a point where you can decide that now you will have all, you will be alone.
That too will be good.
But my suggestion is that you should always start with a
master, a system, a technique, because in both ways it will be good. If you can
achieve through it, it is good; if you cannot achieve through it, then the
whole thing becomes futile and you can drop it and then you can proceed alone.
Then you will not need Krishnamurti to tell you that no master is needed, you
will know it. Then you will not need any Zen teaching to tell you to throw away
your scriptures and burn them, you will have already burned them.
So it is good to proceed with a master, with a system,
with a technique – but be sincere. When I say be sincere I mean that you should
do whatsoever you can do with a master, so that if something can happen, it
happens. If nothing can happen, then you can conclude that this is not the path
for you and you can move alone.
Osho, Vigyan Bhairav Tantra Vol 2, Chpt. 35, Buddha’s inner orgasm
#Posted by Osho Indonesia
Osho, Vigyan Bhairav Tantra Vol 2, Chpt. 35, Buddha’s inner orgasm
#Posted by Osho Indonesia
Komentar
Posting Komentar