Banyak guru telah memperingatkan tentang bahaya
kebangkitan dini energi kundalini. Panas yang besar dapat dibuat di dalam
tubuh, dengan kemungkinan kerusakan pada otak dan sistem saraf. Untuk
mempersiapkan sirkulasi energi spiritual dalam tubuh-pikiran, murid harus
dimurnikan dari ego, dan dilengkapi dengan kebajikan, kerendahan hati-an dan
penyerahan diri. Hal ini dicapai melalui pemahaman diri atau ‘pengelihatan yang
jelas’ dan disertai dengan terbukanya ‘perasaan dari murid. Maka setelah itu
energi dapat bergerak bebas tanpa halangan yang dihasilkan oleh identifikasi
palsu yang adalah ego.
Ramana pernah berkata “Dokter mu mengatakan bahwa hati
adalah di sisi kiri dada. Tetapi seluruh tubuh adalah hati untuk para yogi.
Jnani memiliki hati mereka baik di dalam maupun di luar.”
Seorang pemuja nya, Ranaky Matha, mengklaim telah
memiliki pembebasan bagi dirinya di bawah kasih karunia Bhagawan ketika
kundalininya naik ke sahasrara, setelah itu ia menyadari Kesatuan, Universal,
Diri yang Transendental sebagai Cahaya-Hati dan Amrita Nadi sebagai “pilar
cahaya” , naik ke sahasrara dan di atas, seperti yang pernah digambarkan oleh
Ramana. Dia pernah hampir memiliki pengalaman Ganapati Muni dari kundalini yang
mencoba untuk keluar dari bagian atas tengkorak tetapi mereda ketika ia meminta
bantuan kepada Ramana. Maharshi mengatakan kepada dirinya bahwa ia terlahir
untuk menyadari, bahwa ia hanyalah merupakan kausal (karana) guru untuknya.
Dan lebih lanjut, seseorang pada jalan spiritual tidak
perlu khawatir jika ia tidak memiliki pengalaman karena itu tidak terlalu
‘diperlukan’, kisah berikut dari Ramana Maharshi dapat menghilangkan
kekhawatirannya ini :
“Pada tahun 1942, seorang sarjana Tamil melakukan diskusi
panjang dan rinci dengan Bhagawan tentang amrita nadi, yang diyakini merupakan
jaur saraf terkait dengan realisasi diri. Bhagawan menunjukkan minat dalam
diskusi itu dan menjawab semua pertanyaan cendekiawan tersebut? Ia memberikan
penjelasan rinci tentang fungsi nadi amrita.
Salah seorang pemuja, Nagamma merasa tersingkirkan dan
tidak berada di tempat itu karena dia tidak tahu apa-apa tentang materi
pelajaran. Setelah cendekiawan itu pergi, dia mendekati Bhagawan dan mulai
bertanya kepadanya tentang apa yang telah dibahas. Sebelum dia dapat
menyelesaikan kalimatnya, Bhagawan berkata, “Mengapa Anda khawatir tentang
semua ini?”
Nagamma menjawab, “Bhagavan, Anda telah membahas ini
selama empat hari, jadi saya pikir saya juga harus belajar sesuatu tentang hal
itu dari Anda”.
Bhagawan menjawab, “Cendikiawan itu bertanya pada Saya
apa yang ditulis dalam kitab suci dan Saya memberinya jawaban yang sesuai.
Mengapa Anda repot-repot tentang semua itu? Adalah cukup jika Anda melihat ke
dalam diri Anda untuk siapa Anda sebenarnya. “Sambil mengatakan ini, Bhagawan
tersenyum penuh kasih padanya.
Selang dua hari kemudian, ada sekali lagi dialog lain
pada subjek yang sama. Kali ini Bhagawan mengatakan bahwa itu hanya gagasan,
konsep belaka. Nagamma ikut melakukan interupsi untuk bertanya apakah semua hal
yang berkaitan dengan amrita nadi juga hanya konsep.
Bhagawan menjawab tegas, “Ya, apa lagi kalau bukan itu?
Kalau bukan hanya gagasan belaka? Jika tubuh itu sendiri adalah gagasan, apakah
hal itu juga bukan gagasan belaka?
“Bhagawan kemudian melihat Nagamma dengan rasa kasih
sayang yang besar. Pada saat itu, semua keraguan yang ada padanya telah hilang.
Dalam menceritakan kejadian ini, Nagamma ingin untuk diketahui betapa
pentingnya untuk kembali ke sumber ketika keraguan spiritual timbul. “ (Dari
Ramana Periya Puranam)
Juga di Ramana Periyam Puranam ditemukan kutipan dari
Ramana:
“Sang Diri adalah untuk di realisasikan. Kundalini
shakti, visi Tuhan, kekuatan gaib dan kekuatan mantra, semua itu adalah
tampilan dari Sang Diri. Mereka yang berbicara tentang hal ini dan menikmati
ini belum menyadari Sang Diri. Sang Diri adalah di Hati dan adalah Hati itu
sendiri. Semua bentuk lain dari manifestasi berada di otak. Otak itu sendiri
mendapatkan daya dari Hati. Tetap berada di Hati adalah realisasi Sang diri.
Selain dari melakukan hal itu, tertarik dengan bentuk yang berorientasi kepada
otak dan disiplin ilmu serta metode adalah buang-buang waktu belaka. Apakah itu
tidak bodoh untuk berpegang pada begitu banyak upaya dan begitu banyak disiplin
ilmu yang dikatakan diperlukan untuk memberantas kebodohan yang sebenarnya
tidak ada? ”
Jelas, untuk Ramana kekuatan kundalini tidak begitu
penting dibandingkan dengan realisasi utama dari hati atau kesadaran itu
sendiri.
Deskripsi yang menarik dari kundalini diberikan dalam
Spandakarika, terjemahan dengan komentar oleh Daniel Odier dari teks tantra
kuno oleh Vasagupta, yang berbicara seperti berikut “bola kundalini yang
memancar dari hati, menyerap totalitas ruang, dan itu adalah cinta yang
mutlak”- Sebaliknya chakra-chakra dan gerakan kundalini di tulang belakang
lebih atau kurang adalah imajiner.
Ke-Buddha-an bukanlah suatu pencapaian,
ke-Buddha-an hanyalah soal menyadari siapa Diri kita sebenarnya.
Ini soal keélingan.
ke-Buddha-an hanyalah soal menyadari siapa Diri kita sebenarnya.
Ini soal keélingan.
***
Sang Diri Akan Membangkitkan Kundalini Secara Otomatis
Paramhansa Yogananda berbicara tentang ini ketika ia
berkata,
Pikiran kontemplatif, mencoba kembali ke keilahian, yang
terus diseret kembali ke indera oleh arus kehidupan. Ketika energi dapat
dibujuk untuk membalikkan alirannya dari indera ke otak, itu akan mengungkapkan
kepada kita kesadaran akan dunia yang lain. Sebuah dunia – yang bukan dari
materi tetapi Spirit/Roh.
Setiap orang memiliki magnet positif di bagian atas
kepala (mata spiritual dan chakra mahkota), yang menarik kesadaran kita ke atas
ke arah kesatuan bawaan kita dengan Tuhan. Pada saat yang sama ada magnet di
dasar tulang belakang yang menarik kita ke arah negatif, keegoisan, dan
ketidaksadaran. Perancis memiliki frase, nostalgie de la Boue, nostalgia untuk
lumpur – dengan kata lain, kerinduan kita untuk kembali ke keadaan kurang
kesadaran dari mana kita telah berevolusi. Kundalini, berpusat di dasar tulang
belakang, adalah pendorong keluar kesadaran kita yang diidentifikasi dengan
materi. Gudang energi ini adalah apa yang menarik pikiran kita dari kegelisahan
ketika kita bermeditasi.
Agama batin yang sejati adalah membalikkan kekuatan hidup
jauh dari sarangnya di dasar tulang belakang dan menyatukan dengan kutub
positif di bagian atas kepala. Ketika persatuan ini terjadi, pencerahan
terjadi. Beberapa pencari, mendengar betapa pentingnya meningkatkan energi ini,
mereka menggunakan latihan pernapasan, menggunakan kekerasan dan praktik intens
lain untuk mengocok dan melepas arus kehidupan. Kundalini adalah kekuatan
besar, namun, yang seperti api, jika disalahgunakan atau salah penanganan, bisa
sangat berbahaya. Merangsang Kundalini berlebihan dengan cara fisik berlebihan
dan dengan sengaja menghasilkan panas yang luar biasa di dalam tubuh dan dapat
merusak sistem saraf.
Dalam bukunya, The New Path, Yogananda memulai bab tentang
Kriya Yoga – teknik tertinggi untuk membangkitkan Kundalini – dengan kata-kata
berikut dari Alkitab:
“Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka
akan melihat Allah.”
Ada alasan yang baik mengapa setiap tradisi spiritual
mendorong siswa untuk mengikuti ajaran moral – dengan melakukannya akan
menempatkan mereka selaras dengan sifat Ilahi mereka. Setiap kali kita
memikirkan pikiran yang murah hati atau cinta, energi dilepaskan ke atas,
sementara keinginan pribadi menarik Kundalini ke bawah untuk memenuhi keinginan
tersebut.
Tujuan Yoga adalah mengarahkan kekuatan hidup naik di
tulang belakang. Untuk mencapai tujuan mulia ini, kehidupan sehari-hari kita
harus memperkuat upaya meditasi kita, jika tidak, sikap kontraktif akan membawa
kekuatan hidup kita ke bawah dan sebaliknya berlawanan dari arah kemana kita
berusaha untuk menuju spiritual.
Kundalini dapat disamakan dengan sebuah sungai besar:
Jika motif seseorang benar, kundalini ditarik dengan aman melalui tulang
belakang bagian dalam, seperti sungai yang mengalir mengikuti saluran alam.
Namun, jika seorang pencari termotivasi oleh ego dan memaksa Kundalini naik ke
atas oleh latihan pernapasan yang ekstrim, sementara kesadarannya tidak
diinternalisasi dan menjadi cukup halus untuk memungkinkan energi mengalir
bebas di saluran dalam tulang belakang ini. Energi yang dipaksa ini tetap harus
mengalir di suatu tempat, dan demikian hal nya, dapat merusak sistem saraf,
seperti sungai yang meluap dari tempatnya.
Alkitab: “Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena
mereka akan melihat Allah.”
Yogananda sangat tidak menganjurkan menggunakan praktik
yoga yang intens dan mengajarkan pendekatan yang seimbang dan kedewasaan
spiritual menuju pencerahan. Jalan beliau dari Kriya Yoga benar-benar aman dan
tidak memaksa Kundalini sehingga masalah pada sistem saraf tidak akan terjadi.
Teknik yoga sangat mengagumkan untuk merangsang kekuatan hidup, tetapi mereka
harus digunakan dalam konteks yang lebih luas. Menggabungkan kemurnian hati dan
sikap yang benar dengan teknik ilmiah untuk membuat usaha penyatuan yang total.
Ketika yoga dipraktekkan dalam semangat cinta kasih dan persembahan-diri, arus
kehidupan yang dilepaskan ke atas akan harmonis dengan cara yang aman, namun
juga sangat kuat/powerful.
Ajaran
Ramana Maharshi :
Seorang yogi dapat dipastikan bertujuan membangkitkan
Kundalini (daya-Serpent) dan mengirimnya ke atas sushumna (saraf yogi). Dan
seorang jnani mungkin tidak memiliki hal seperti ini sebagai objek-nya, tetapi
keduanya mencapai hasil yang sama, yaitu pengiriman daya hidup sampai sushumna
dan memutus chitjadagranthi (simpul pengikat hidup). Kundalini adalah nama lain
untuk Atma atau diri, atau Sakti. Kita membicarakan tentang hal itu seolah-olah
seperti yang ada di dalam tubuh karena kita memahami diri kita sebagai yang
terbatas pada tubuh. Tetapi pada kenyataannya baik di dalam dan di luar, tidak
ada yang lain selain Sang Diri, atau Sakti. Dalam jnana marga, ketika dengan
penyelidikan-Diri, pikiran yang menyatu dalam Sang Diri, Sang Diri, Sakti-nya
atau Kundalini akan naik secara otomatis. (Gems dari Bhagavan – ed A.
Devaraja Mudaliar;. Bab 13)
Perhatikan dalam tulisan-tulisan Yogananda kemudian,
setelah ia bertemu Ramana Maharshi, itu mereferensi ke sudut pandang yang
berbeda dari yang ia tekankan di tahun-tahun awal ketika ia mulai mengajar :
“Lihatlah dunia ini sebagai sebuah mimpi, dan kemudian
Anda akan memahami bahwa Anda boleh berbaring di tempat tidur bumi ini dan
bermimpi impian kehidupan. Anda tidak akan keberatan, karena Anda akan tahu
Anda sedang bermimpi … Singkirkan khayalan penyakit akan kesehatan, kesedihan
dan kegembiraan. Bangkit di atas itu. Menjadi Sang Diri. Saksikan pertunjukan
alam semesta, tetapi jangan menjadi terserap di dalamnya. Berkali-kali saya
telah melihat tubuh saya pergi dari dunia ini. Saya tertawa pada saat kematian.
Saya siap kapan saja. Semua tak ada artinya. Hidup yang kekal adalah milik
saya. Saya adalah lautan kesadaran … Ketika Anda benar-benar ingin dibebaskan
dari mimpi bumi ini, tidak ada kekuatan yang dapat menghentikan Anda dari
mencapai pembebasan. Jangan pernah meragukannya! Keselamatan Anda bukan untuk
dicapai – itu sudah menjadi milik Anda, karena Anda dibuat menurut citra Tuhan;
tetapi Anda harus tahu ini. Anda telah lupa ini. ”
#Posted by Kriya Yoga Nusantara
Komentar
Posting Komentar